Memacu Kemampuan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar Melalui Metode Das-Mat (Cerdas-Cermat)

Authors

  • Febry Marindra Cysbya Erdlanda Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.47841/jsoshum.v6i3.514

Keywords:

Berbahasa Indonesia, Cerdas-Cermat

Abstract

Masih tertatihnya kemampuan berbahasa Indonesia peserta didik Sekolah Dasar dalam berkomunikasi, terutama secara lisan, baik pada saat proses belajar mengajar maupun saat bergaul dengan teman sebayanya di lingkungan sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa Indonesia peserta didik Sekolah Dasar dalam berkomunikasi, terutama secara lisan sehingga dapat diketahui penyebab permasalahan. Metode yang digunakan berupa permainan Cerdas-Cermat yang menstimulus peserta didik untuk mau berkomunikasi, terutama secara lisan. Hasil temuan menunjukkan,yaitu: (1) pada saat proses pembelajaran dan bergaul umumnya peserta didik masih berbicara menggunakan bahasa Indonesia secara campur kode (code mixing) dengan bahasa daerah berupa bahasa Sunda; (2) kurang tepat dalam penggunaan ejaan, ketika berkomunikasi secara tertulis;dan (3) ditemukannya pelafalan yang kurang tepat pada suatu kata yang dilafalkan peserta didik.Peserta didik dapat mengikuti setiap sesi pembelajaran dengan penuh antusias dan semangat.

Downloads

Published

2025-09-30