Mengakrabkan Guru dengan Karya Tulis Ilmiah melalui Sanggar Kerja Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.47841/jsoshum.v5i1.366Keywords:
Penelitian Tindakan KelasAbstract
Sebagian besar guru berbagai jenjang pendidikan belum benar-benar memahami tentang PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang berdampak pada adanya sikap tidak acuh. Maka dari itu, perlusuatuupaya pelatihan berupa sanggar kerja berkenaan dengan meningkatkan pemahamandanpengaplikasian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sanggar kerja ini bertujuan: pertama, meningkatkan kemampuan guru dalam menuliskan karya ilmiah melalui pelatihan; dan kedua, melatih guru berfikir kreatif dan solutif dalam mengatasi permasalahan proses danhasil pembelajarannya sendiri melalui pengkajian ilmiah. Metode pelatihan Gotong Royong (Cooperatif Learning) dengan teknik Kepala Bernomor Terstruktur (Numbered Head Structure). Sebagianbesar peserta menyenangi kegiatan ini, berdasarkan hasil refleksi ternyata masih terdapat beberapakekurangan atau kelemahan dari kegiatan pelatihan PTK ini. Kelemahan dan kekuranganyangmuncul ini terekam dalam lembar masukan berupa kesan dan pesan yang dirasakan dan dialami
peserta selama kegiatan pelatihan berlangsung. Melalui kegiatan pelatihan PTK ini sedikit banyaknyatelah memberikan kontribusi positif dan peringanan beban mereka (para guru).