Pengetahuan dan Dampak Pelatihan Pelayanan Prima (Service Excellence) Dalam Upaya Peningkatan Pengembangan Wisata di AEWO Kampung Wisata Mulyaharja Kota Bogor

Authors

  • Rini Untari IPB University
  • Ira Resmayasari IPB University
  • Helianthi Dewi IPB University
  • Bedi Mulyana IPB University

DOI:

https://doi.org/10.47841/jsoshum.v6i1.510

Keywords:

Kampung Wisata AEWO, Pelatihan, Pelayanan Wisata, Service Excellence

Abstract

Agro Edu Wisata Organik (AEWO) Kampung Wisata Mulyaharja Kota Bogor merupakan destinasi wisata tematik yang memiliki keanekaragaman sumberdaya alam serta daya tarik wisata yang memiliki keunikan serta keindahan yang didukung fasilitas wisata. Salah satu yang berperan penting dalam pengembangan wisata lokal yaitu kapasitas sumberdaya manusia untuk pengelolaan wisata yang berkelanjutan serta upaya meningkatkan kepuasan pengunjung. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah melakukan pelatihan pelayanan prima (Service Excellence) untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan terbaik di AEWO Kampung Wisata Mulyaharja Kota Bogor. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang dilaksanakan Maret sampai Desember 2024. Metode dalam kegiatan pengabdian masyarakat melalui tiga tahap yaitu koordinasi, pelatihan dan evaluasi. Pelatihan diberikan kepada 18 orang dan dilakukan kegiatan evaluasi melalui penyebaran kuesioner mengenai pengetahuan, keterampilan dan dampak dari kegiatan pelatihan pelayanan prima yang bersifat close ended dengan skala Likert 1-5 dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Hasil kegiatan pelatihan dan evaluasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil evaluasi menunjukkan peserta pelatihan pada aspek pengetahuan yang diperoleh mengenai tujuan pelayanan prima, keterampilan mencari solusi dan melayani tamu yang bermasalah. Peserta pelatihan juga menilai pelayanan prima akan berdampak pada peningkatan kepuasan dan kenangan kepada pengunjung. Dengan demikian, peningkatan kualitas sumberdaya manusia sangat penting dalam kegiatan pengelolaan wisata.

Downloads

Published

2025-03-30