Pendampingan dan Pengembangan Strategi Pemasaran Digital UMKM Puspo Putri Semarang

Authors

  • Salvara Aulia Thaher Universitas Kristen Satya Wacana
  • Samuel Mario Fernando Universitas Kristen Satya Wacana
  • Ayesha Eksi Larasati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Imanuel Madea Sakti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.47841/jsoshum.v6i2.492

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital, Media Sosial, UMKM

Abstract

UMKM Puspo Putri Semarang merupakan salah satu UMKM dengan potensi besar dalam mengembangkan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasarnya. Melalui program pengabdian masyarakat, dilakukan pendampingan yang berfokus pada pemanfaatan media digital, seperti Google Sites, Canva, Linktree, dan Instagram, untuk meningkatkan efektivitas pemasaran. Pendampingan ini meliputi pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan akun digital, yang bertujuan untuk mengatasi keterbatasan pengetahuan UMKM dalam menggunakan platform digital sebagai sarana promosi. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital yang lebih optimal dapat meningkatkan visibilitas produk, memperluas pangsa pasar, serta berpotensi meningkatkan penjualan secara signifikan. Program ini diharapkan mampu menjadi langkah strategis untuk membangun keunggulan bersaing UMKM Puspo Putri Semarang di era digital.

Downloads

Published

2025-06-30