- Tim Editorial
- Mitra Bestari
- Proses Review
- Ruang Lingkup
- Indeksasi
- Panduan Penulis
- Etika Publikasi
- Registrasi Online
- Pernyataan Akses Terbuka
- Kebijaksanaan Arsip
- Hak Cipta dan Lisensi
- Arsip Terbitan
- Download Template
- Hubungi Kami
Panduan Penulis
JUDUL DITULIS HURUF KAPITAL DENGAN
FONT TIMES NEW ROMAN 14 CETAK TEBAL
(MAKSIMUM 12 KATA)
Nama Lengkap Penulis11), Nama Lengkap Penulis22) dst., [Font Times New Roman 12]
1Nama Fakultas, Nama Perguruan Tinggi, Alamat Lengkap
2Nama Fakultas, Nama Perguruan Tinggi, Alamat Lengkap
3dst
email: penulis _1@cde.ac.id
Submit :xx/xx/xxxx| Accept : xx/xx/xxxx| |Publish: xx/xx/xxxx|
Abstract [Times New Roman 11)
Abstract is written in English and Indonesian (except articles written in English) which contains the main issues, research objectives, methods/approaches and research results. Abstract is written in one paragraph, not more than 200 words. (Times New Roman 11, single spaced, and italicized).
Keywords: Maximum 5 keywords separated by commas, (according to the scope of articles and journals). (ex: Health, Engineering, Computer, etc) [Font Times New Roman 11 single spaced and italicized].
Abstrak [Times New Roman 11)
Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (kecuali artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris) yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 11, spasi tunggal.
Kata Kunci: Maksimum 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma, (sesuai dengan ruang lingkup artikel dan jurnal). (contoh: Kesehatan, Teknik, Komputer, dst) [Font Times New Roman 11 spasi tunggal dan cetak miring].
PENDAHULUAN
Pendahuluan mencakup latar belakang atas suatu permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (kegiatan atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis dimasukkan dalam bagian ini.. Persentase halaman antara 10-15% dari total kata. [Times New Roman, 12, normal, spasi 1, after before 0].
Panjang halaman artikel minimal 5 halaman dan maksimal 10 halaman.
METODE KEGIATAN
Metode kegiatan menjelaskan pendekatan, rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel kegiatan, dan teknik analisis. [Times New Roman, 12, normal], spasi 1.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian ini menyajikan hasil pengabdian. Hasil pengabdian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan.
Bagian pembahasan memaparkan hasil kegiatan pengabdian yang dilakukan, hasil pengolahan data, menganalisis dan menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. [Times New Roman, 12, normal, spasi 1 after before 0].
Adapun contoh penulisan Tabel 1 adalah sebagai berikut.
Tabel 1. Contoh Penulisan Tabel
Variabel |
Skor (%) |
Jurnal Saintek |
100 |
ADPI |
100 |
Sementara itu, apabila dalam artikel terdapat gambar, maka contoh penulisan Gambar 1 adalah sebagai berikut. Format gambar png/jpg.
Gambar 1. Contoh Penulisan Gambar
SIMPULAN
Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil pengabdian dan saran. [Times New Roman, 12, normal], spasi 1.
UCAPAN TERIMAKASIH (Jika Ada)
Berisi ucapan terima kasih kepada lembaga pemberi dana/individu, dan atau yang telah membantu dalam pelaksanaan pengabdian dan penulisan manuskrip serta lembaga afiliasi penulis. [Times New Roman, 12, normal], spasi 1.
DAFTAR PUSTAKA
Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. Artikel wajib merujuk 5-15 jurnal dan dua artikel pada Jurnal International [Times New Roman, 12, normal], spasi 1. (rujuk pada pedoman penulisan), ditulis dengan format APA.
Ahmar, A.S., & Rahman, A. (2017). Development of teaching material using an android. Global Journal of Engineering Education, 19(1), 72-76. doi: https://doi.org/10.26858/gjeev19i1y2017p7376
Adeniyi, F.O., Olowoyeye, C. A., Onuoha, U.D. (2016). The effects of interactive multimedia on english language pronunciation performance of pulils in the nigerian primary schools. Journal of Research on Humanities and Social Sciences. 6(9), 71-78.
Gardner, R. C. (1985). Social Psychology in Second Language Learning. London: Great Britain Edward Arnold Ltd.
[KEMENDIKBUD] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2017). Panduan praktis penyusunan e-modul pembelajaran. Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. DPSMA.
Dst…
Untuk Mempermudah Anda menulis silahkan Unduh Template Kami (Download)