Peningkatan Kompetensi Sains melalui Pengenalan dan Pemanfaatan Alat Laboratorium Biologi Siswa Sekolah Alam Langit Biru

Authors

  • Rizki Pratama Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mariana Ade Cahaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Merri Sri Hartati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Reza Wulandari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mezi Yusdiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.47841/saintek.v6i2.513

Keywords:

Laboratorium Biologi, Sekolah Alam, Pelatihan, Ekologi, Siswa SD

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Sekolah Alam Langit Biru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sains melalui pemanfaatan alat laboratorium biologi. Sekolah alam sebagai institusi dengan pendekatan eksplorasi lingkungan seringkali menghadapi keterbatasan dalam penggunaan alat laboratorium modern yang mendukung pembelajaran berbasis pengamatan dan eksperimen. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang untuk memberikan pelatihan praktis kepada siswa dan guru mengenai penggunaan mikroskop stereo, mikroskop cahaya, thermohygrometer, dan soil tester. Metode pelaksanaan meliputi pengenalan teori, praktik langsung, analisis data lingkungan, serta refleksi hasil pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis dalam penggunaan alat, tetapi juga membangun kesadaran ekologis dan kemampuan berpikir ilmiah pada siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu mengoperasikan alat secara mandiri serta memahami keterkaitannya dengan fenomena lingkungan. Selain itu, kegiatan ini memicu ketertarikan siswa terhadap sains dan memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan menyenangkan. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini berkontribusi dalam memperkuat literasi sains dan membentuk pola pikir kritis serta peduli lingkungan pada peserta didik. Kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan secara berkala dan menjadi bagian integral dari pembelajaran di sekolah alam. Pelibatan perguruan tinggi dalam pembinaan sains di sekolah dasar terbukti efektif dalam memperkuat kemitraan dan peningkatan mutu pendidikan sains dasar.

Downloads

Published

2025-06-30