Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Case Method Guru IPA di Rejang Lebong
DOI:
https://doi.org/10.47841/saintek.v6i2.494Keywords:
Case Method, Bahan Ajar IPA, Profil Pelajar Pancasila, Workshop GuruAbstract
Tuntutan pembelajaran abad 21 mendorong guru untuk menyajikan bahan ajar yang tidak hanya berorientasi pada transfer pengetahuan, namun penguatan karakter dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru IPA dalam mengembangkan bahan ajar berbasis case method learning yang terintegrasi dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA). Kegiatan dilaksanakan pada 10 Oktober 2024 di UPTD Diknas Kecamatan Padang Ulak Tanding, dengan peserta guru IPA dan Biologi dari SMP dan MTs. Metode workshop meliputi presentasi, diskusi, dan praktik pembuatan bahan ajar menggunakan platform digital Canva. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mampu merancang bahan ajar kontekstual yang mengintegrasikan analisis kasus dan nilai-nilai karakter. Evaluasi reflektif menunjukkan 90% peserta merasa termotivasi untuk menerapkan pendekatan ini di kelas. Artikel ini merekomendasikan penggunaan case method learning terintegrasi P5P2RA secara lebih luas untuk mendorong pembelajaran bermakna dan karakter di jenjang MTs.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Efrahutatera Efrahutatera, Jayanti Syahfitri, Pariyanto Pariyanto, Kashardi Kashardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.