Skrining dan Edukasi Perilaku Tindak Bullying di Sekolah Dasar dengan Metode Urgency, Seriousness and Growth

Authors

  • Christin Angelina F Universitas Malahayati
  • Okvita Saputri Universitas Malahayati
  • Ayu Widyawati Universitas Malahayati
  • Putri Wulandari Universitas Malahayati
  • Iis Akmalia Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.47841/saintek.v6i1.480

Keywords:

Perundungan, Skrining, Edukasi, Kesadaran Siswa, Prevantion

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan skrining dan edukasi mengenai bullying di Sekolah Dasar Islam Terpadu Tresna Asih, Bandar Lampung. Dilaksanakan pada 11 November 2024, kegiatan ini melibatkan penyuluhan yang meningkatkan pemahaman siswa tentang bullying dari 67% menjadi 90%. Skrining dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada siswa/i, dan edukasi dilakukan dengan presentasi materi dan diskusi interaktif, memberikan siswa pemahaman mendalam tentang definisi, jenis, dampak, dan pencegahan bullying. Metode yang digunakan adalah Urgency, Seriousness and Growth (USG). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa edukasi efektif dalam membangun kesadaran dan empati, serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman.

Downloads

Published

2025-03-30