Skrining dan Edukasi Perilaku Tindak Bullying di Sekolah Dasar dengan Metode Urgency, Seriousness and Growth
DOI:
https://doi.org/10.47841/saintek.v6i1.480Keywords:
Perundungan, Skrining, Edukasi, Kesadaran Siswa, PrevantionAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan skrining dan edukasi mengenai bullying di Sekolah Dasar Islam Terpadu Tresna Asih, Bandar Lampung. Dilaksanakan pada 11 November 2024, kegiatan ini melibatkan penyuluhan yang meningkatkan pemahaman siswa tentang bullying dari 67% menjadi 90%. Skrining dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada siswa/i, dan edukasi dilakukan dengan presentasi materi dan diskusi interaktif, memberikan siswa pemahaman mendalam tentang definisi, jenis, dampak, dan pencegahan bullying. Metode yang digunakan adalah Urgency, Seriousness and Growth (USG). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa edukasi efektif dalam membangun kesadaran dan empati, serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Christin Angelina F, Okvita Saputri, Ayu Widyawati, Putri Wulandari, Iis Akmalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.