Determinan Prilaku Bullying pada Siswa/i Sekolah Dasar

Authors

  • Christin Angelina F Universitas Malahayati
  • Luh Dewi Universitas Malahayati
  • Nakita Wima Puri Universitas Malahayati
  • Andhita Nurhaniza Universitas Malahayati
  • Tiara Susti Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.47841/saintek.v6i1.457

Keywords:

Bullying, Siswa Sekolah Dasar, Sikap, Persepsi, Perilaku Positif

Abstract

Bullying adalah masalah serius yang sering terjadi di sekolah dasar, memberikan dampak negatif signifikan terhadap korban dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara sikap, persepsi, dan perilaku siswa terhadap bullying di SD IT Tresna Asih, Bandar Lampung. Menggunakan metode cross-sectional dengan sampel purposive sampling sebanyak 48 siswa kelas 6, data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari 40 pertanyaan terkait perilaku bullying, pengalaman korban, sikap, dan demografi. Analisis data dilakukan menggunakan Chi-Square Test. Hasil penelitian menunjukkan hubungan signifikan antara sikap siswa terhadap pembentukan perilaku positif (p-value = 0,001). Sebanyak 86% siswa memiliki perilaku baik, yang dipengaruhi oleh sikap positif. Namun, tidak ditemukan hubungan signifikan antara persepsi siswa dan perilaku terhadap bullying (p-value = 1,00). Hasil ini menekankan pentingnya pembentukan sikap positif dalam mencegah perilaku bullying serta perlunya lingkungan yang mendukung interaksi sosial sehat di sekolah

Downloads

Published

2025-03-30