Determinan Prilaku Bullying pada Siswa/i Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47841/saintek.v6i1.457Keywords:
Bullying, Siswa Sekolah Dasar, Sikap, Persepsi, Perilaku PositifAbstract
Bullying adalah masalah serius yang sering terjadi di sekolah dasar, memberikan dampak negatif signifikan terhadap korban dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara sikap, persepsi, dan perilaku siswa terhadap bullying di SD IT Tresna Asih, Bandar Lampung. Menggunakan metode cross-sectional dengan sampel purposive sampling sebanyak 48 siswa kelas 6, data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari 40 pertanyaan terkait perilaku bullying, pengalaman korban, sikap, dan demografi. Analisis data dilakukan menggunakan Chi-Square Test. Hasil penelitian menunjukkan hubungan signifikan antara sikap siswa terhadap pembentukan perilaku positif (p-value = 0,001). Sebanyak 86% siswa memiliki perilaku baik, yang dipengaruhi oleh sikap positif. Namun, tidak ditemukan hubungan signifikan antara persepsi siswa dan perilaku terhadap bullying (p-value = 1,00). Hasil ini menekankan pentingnya pembentukan sikap positif dalam mencegah perilaku bullying serta perlunya lingkungan yang mendukung interaksi sosial sehat di sekolah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Christin Angelina F, Luh Dewi, Nakita Wima Puri, Andhita Nurhaniza, Tiara Susti, Lusi Anggraini, Resti Indriyani, Mereza Melentina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.