Pendidikan Pencegahan Bullying: Meningkatkan Kesadaran di Kalangan Siswa SD

Authors

  • Anggie Pebriani Universitas Malahayati
  • Ajeng Dea Alfida Universitas Malahayati
  • Eni Oktapiya Universitas Malahayati
  • Nasya Destia Wahyuni Universitas Malahayati
  • Seli Yuliana Sari Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.47841/saintek.v6i1.450

Keywords:

Perundungan, Edukasi, Siswa Sekolah Dasar, Pencegahan, Kesadaran

Abstract

Perundungan menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap perkembangan emosional dan psikologis siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendidik siswa di SD Tresna Asih tentang dampak negatif perundungan dan mendorong lingkungan sekolah inklusif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi kasus, siswa belajar tentang definisi, jenis-jenis intimidasi (fisik, verbal, dunia maya, dan sosial), dan strategi pencegahan. Pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara guru dan siswa, dan survei pasca pendidikan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dan perubahan sikap positif ke arah menghormati orang lain dan mencegah intimidasi. Program pendidikan ini secara efektif meningkatkan kesadaran siswa tentang menciptakan lingkungan yang aman dan bebas intimidasi. Rekomendasinya mencakup penerapan program anti-intimidasi berkelanjutan di sekolah dasar untuk mencegah intimidasi dan mendorong pengembangan karakter positif.

Downloads

Published

2025-03-30