Pendidikan Pencegahan Bullying: Meningkatkan Kesadaran di Kalangan Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.47841/saintek.v6i1.450Keywords:
Perundungan, Edukasi, Siswa Sekolah Dasar, Pencegahan, KesadaranAbstract
Perundungan menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap perkembangan emosional dan psikologis siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendidik siswa di SD Tresna Asih tentang dampak negatif perundungan dan mendorong lingkungan sekolah inklusif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi kasus, siswa belajar tentang definisi, jenis-jenis intimidasi (fisik, verbal, dunia maya, dan sosial), dan strategi pencegahan. Pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara guru dan siswa, dan survei pasca pendidikan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dan perubahan sikap positif ke arah menghormati orang lain dan mencegah intimidasi. Program pendidikan ini secara efektif meningkatkan kesadaran siswa tentang menciptakan lingkungan yang aman dan bebas intimidasi. Rekomendasinya mencakup penerapan program anti-intimidasi berkelanjutan di sekolah dasar untuk mencegah intimidasi dan mendorong pengembangan karakter positif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggie Pebriani, Ajeng Dea Alfida, Eni Oktapiya, Nasya Destia Wahyuni, Seli Yuliana Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.