Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Pembelajaran Bahasa Jepang di Heros Language Center Bekasi

Authors

  • Alo Karyati Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.47841/jsoshum.v5i1.342

Keywords:

Pandemi Covid 19, Pembelajaran, Bahasa Jepang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pandemi Covid 19 terhadap pembelajaran bahasa Jepang di Heros Lamguage Center Bekasi. Pusat Bahasa Pahlawan (HEROS LC). Heros Language atau Heros LC merupakan salah satu pandemi Covid-19 pada awal Maret 2020 yang telah mengubah sistem pendidikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, termasuk LPK HEROS LC. Sistem pembelajaran yang semula tatap muka kini berubah menjadi daring. Ini termasuk belajar bahasa Jepang. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan penelitian ini akan fokus pada: pembelajaran bahasa Jepang sebelum pandemi, pada masa pandemi, dan pengaruh pandemi terhadap pembelajaran bahasa Jepang di Heros Language Center. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui pembelajaran bahasa Jepang sebelum pandemi, pada masa pandemi, dan pengaruh pandemi terhadap pembelajaran bahasa Jepang di Heros LC. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada Pusat Bahasa Heros, sumber data penelitian dengan data yang diperoleh terdiri dari kondisi siswa, guru, bahan ajar, sarana dan prasarana. Hasil penelitiannya adalah perubahan kondisi dan komposisi siswa, guru, bahan ajar serta sarana dan prasarana.

Downloads

Published

2024-03-30