Dari Pingsan Menuju Sadar: Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Regain Consciousness

Authors

  • Ns. Yusran Hasymi Universitas Bengkulu
  • Ns. Imron Rosyadi Universitas Bengkulu
  • Ns. Nova Yustisia Universitas Bengkulu
  • Ns. Bardah Wasalamah Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v6i1.229

Keywords:

Penurunan Kesadaran, Penanganan, Siswa SMP, Edukasi Kegawatdaruratan, Promosi Kesehatan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa sekolah menengah pertama terkait pertolongan pertama pada kejadian pingsan (conscious regain). Pingsan atau sinkop merupakan kondisi hilangnya kesadaran sementara yang sering terjadi di lingkungan sekolah, khususnya saat kegiatan fisik seperti upacara atau olahraga. Kurangnya pemahaman siswa terhadap penanganan darurat menyebabkan keterlambatan tindakan yang dapat memperburuk kondisi korban. Untuk itu, dilakukan edukasi kesehatan dengan pendekatan pretest dan posttest di SMPN 21 Bengkulu Tengah. Kegiatan dimulai dengan asesmen awal berupa pretest untuk mengukur pengetahuan awal siswa, dilanjutkan dengan penyampaian materi edukatif menggunakan media visual dan diskusi interaktif, kemudian diakhiri dengan posttest untuk menilai peningkatan pengetahuan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan siswa sebesar 9 poin setelah edukasi diberikan. Selain peningkatan secara kuantitatif, siswa juga menunjukkan peningkatan sikap dan kepercayaan diri dalam memberikan pertolongan pertama. Guru-guru menyambut positif kegiatan ini dan menyarankan agar pelatihan serupa dijadikan program rutin sekolah. Dengan demikian, kegiatan edukasi kesehatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan kesadaran siswa dalam menangani kondisi darurat akibat penurunan kesadaran. 

Downloads

Published

2025-07-08