Desain Pola Batik untuk Seragam Taman Kanak-Kanak Cendekia Nusantara kepada Sanggar Batik Modern Surabaya

Authors

  • Ningroom Adiani Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Hamdan Bahalwan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Yekti Herlina Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya
  • Sufiana Sufiana Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v5i2.180

Keywords:

Batik Pattern Design, Batik Uniforms, Children's Creativity, Literacy

Abstract

Fokus pengabdian adalah kebutuhan desain motif baru untuk seragam batik di sekolah Taman Kanak-kanak Cendekia Nusantara. Sanggar Batik Modern hanya memiliki satu pola motif batik yang telah digunakan selama 8 tahun sampai saat ini, dalam membuat seragam batik untuk peserta didik Taman-kanak-kanak Cendekia Nusantara. Perlu kolaborasi keduanya agar tercipta kebaruan desain motif. Dalam membuat desain motif batik tersebut didasarkan pada kreativitas dan imajinasi anak-anak di Taman Kanak-kanak Cendekia Nusantara dalam bentuk visual gambar. Ada empat tema yang ditawarkan untuk desain motif baru tersebut, yaitu : (1) kebersamaan dan lingkungan rumah;  (2) masa moderen dan luar angkasa; (3) jaman dinosaurus sampai jaman robot dan luar angkasa; (4) lingkungan rumah dan sekolah. Metode partisipatif dan analisis kebutuhan digunakan agar tingkat keberhasilan hasil pengabdian lebih optimal. Metode pembuatan desain motif digunakan tiga tahap-enam langkah  S.P Gustami. Tahapan pertama eksplorasi; tim berkolaborasi dengan sanggar dan sekolah; didapatkan ukuran media dan irama pola motif batik yang lama dari Sanggar dan beberapa gambar visual dari peserta didik sekolah. Tahap kedua perancangan; peserta didik memperagakan dan menarasikan hasil gambar dan Peserta Pengabdian memvisualkan narasi tersebut berupa bentuk-bentuk motif  di kertas seukuran kain untuk seragam. Tahap ketiga perwujudan; dibuat beberapa  mal bentuk motif yang digunakan memindahkan gambar tersebut ke kain untuk seragam. Evaluasi Hasil literasi anak meningkat yang dibuktikan dengan hasil wawancara dengan Sanggar dan Guru. Pengabdian ini sangat memotifasi peserta didik terkait bakat dan kreativitas. Kesimpulan, pelaksanaan pengabdian ini perlu dilanjutkan, guna menciptakan kecintaan dan kreativitas anak terhadap batik nusantara dan mewujudkan seragam batik modern kontemporer untuk Taman Kanak-kanak di sekolah lain juga.

Downloads

Published

2025-02-15