https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/issue/feed Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora 2025-07-03T15:41:52+07:00 Yosa Novia yosanovia@adpi-indonesia.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Abdimas ADPI Sosial dan Humaniora</strong><br /><br />ISSN : <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1614398670">2775-6998</a><br />Penerbit : Asosiasi Dosen Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia<br />Ruang Lingkup :ABDIMAS Social and Humanities: Jurnal Pengabdian Masyarakat ADPI as the implementation of anthropology, communication and media studies, criminology, education, language, film studies, international development, religious, law, and politics.<br />Status Jurnal : Proses Akreditasi<br />Periode Terbitan : 3 Bulanan</p> <p> </p> <p><a href="https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/login"><strong>LOGIN</strong> </a>| <a href="https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/user/register?source="><strong>DAFTAR</strong></a></p> <p> </p> <p><strong>Tentang Jurnal</strong></p> <p align="justify">Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 menjelaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi disamping terkait dengan Standar Nasional Pendidikan dan Standar Nasional Penelitian, juga mensyaratkan adanya Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Dimana Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat adalah kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada Perguruan Tinggi yang berlaku di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia </p> <p> </p> https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/465 Penguatan Kapasitas Kelembagaan, Kualitas SDM dan Operasional Pengelolaan Daya Tarik Wisata Posong, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 2025-03-09T10:41:13+07:00 Pranoto Pranoto pranoto@stiepari.ac.id Nurdina Prasetyo pranoto@stiepari.ac.id Sukrisno Sukrisno pranoto@stiepari.ac.id <p>Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) Temanggung Provinsi Jawa Tengah adalah KSPK Kledung dan sekitarnya. Dalam KSPK Kledung terdapat Taman Posong di Desa Tlahab yang memiliki daya tarik wisata utama pemandangan lereng pegunungan Sindoro. Pemandangan ini sangat besar potensinya saat momentum <em>sunrise </em>dengan latar belakang pegunungan yang berhamparkan perkebunan tembakau, kopi dan sayuran. Dalam wilayah Desa Tlahab terdapat tiga pihak yang melakukan pengelolaan terhadap potensi dan daya tarik wisata, yaitu : Kelompok Sadar Wisata, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang menjadi pengelola aset Pemerintah Desa Tlahab, dan pengusaha swasta setempat yang mengelola aset pribadi Taman Posong. Untuk mengelola aset lahan dan permodalan pemerintah desa, BUMDES Tlahab membentuk unit usaha Pengelola Posong yang menangani aksesibilitas dan operasional mobilisasi wisatawan di wilayah Posong. Permasalahan utama dalam BUMDES Tlahab yaitu kelembagaan belum berfungsi maksimal, belum bersinergi antar pemangku kepentingan, kualitas sumber daya manusia (SDM) belum terstandarisasi, serta permasalahan operasional pengelolaan. Tim Pengabdian STIEPARI Semarang bermitra dengan Pengelola Posong untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dimaksud. Bagi Pengelola Posong, hasil pengabdian diharapkan menghasilkan penguatan kelembagaan dan dapat berjalan sesuai tupoksinya, memiliki kemitraan yang kuat, kualitas SDM meningkat dalam pemahaman dan keterampilan sesuai standar usaha pariwisata, serta memiliki <em>Standard Operating Procedures</em> yang dapat dipergunakan sebagai patokan dalam operasional usaha.</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/485 Transformasi Pengelolaan Lingkungan di Kampung Cikakak: Evaluasi Program Berbasis Partisipasi Masyarakat 2025-06-28T14:55:05+07:00 Nia Sonani nia.sonani@nusaputra.ac.id Pitri Pebriyanti nia.sonani@nusaputra.ac.id Windi Megayanti nia.sonani@nusaputra.ac.id Yuni Eliyanti nia.sonani@nusaputra.ac.id Risa Gina Rahman nia.sonani@nusaputra.ac.id Abdul Rian Juliansyah nia.sonani@nusaputra.ac.id <p>Penelitian ini mengkaji pentingnya pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah berbasis komunitas sebagai langkah untuk menciptakan ekonomi berkelanjutan. Fokus utama penelitian ini adalah pada peran teknologi dan inovasi dalam memperkuat kapasitas masyarakat dalam mengelola sampah secara efisien, serta dampaknya terhadap pembangunan ekonomi lokal. Melalui pendekatan ekonomi sirkular, yang menekankan pada prinsip penggunaan kembali, daur ulang, dan pengurangan sampah, penelitian ini menganalisis beberapa studi kasus tentang keberhasilan program pengelolaan sampah berbasis komunitas. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi masyarakat dalam mengimplementasikan solusi berbasis teknologi untuk pengelolaan sampah yang lebih efektif. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang pentingnya kolaborasi antara sektor publik, swasta, dan masyarakat dalam menciptakan sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan, yang tidak hanya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan berkelanjutan.</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/484 Edukasi Pengolahan Limbah Rumah Tangga: Pelatihan dan Pemanfaatan Eco Enzyme Bagi Warga Banjar Jakarta Utara 2025-06-28T14:49:37+07:00 Putri Anggreni anggreniputri999@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Pengelolaan sampah organik di tingkat rumah tangga menjadi tantangan signifikan dalam upaya mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Kota Jakarta Utara mempunyai permasalahan serius terkait pengelolaan sampah, terutama bagi warga Banjar Jakarta Utara yang tinggal berdekatan dengan Pelabuhan Perikanan Pantai. Kegiatan pengabdian ini mengambil tema tentang pembuatan eco enzyme dan pemanfaatannya bagi lingkungan sekitar rumah tangga. Kegiatan ini merupakan jawaban atas keprihatinan sebagian besar masyarakat yang ada di Banjar Jakarta Utara tentang penanganan sampah organik rumah tangga yang cukup melimpah dan terbuang sehingga menimbulkan bau busuk di lingkungan sekitar rumah. Dari kegiatan ini masyarakat bisa memanfaatkan sampah-sampah organik ini sekaligus menjaga kelestarian lingkungan hidup. Tujuannya adalah memberikan solusi pengelolaan sampah organik secara mandiri dan ramah lingkungan. Pelatihan ini terbukti efektif meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pembuatan dan manfaat eco enzyme. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah koordinasi, pemberian materi dengan metode ceramah, demonstrasi membuat eco enzyme, diskusi dan tanya jawab, sosialisasi manfaat dan penggunaan eco enzyme serta evaluasi. Hasil kegiatan ini yang telah diikuti 25 peserta adalah berjalan dengan baik, antusias dan aktif. Terdapat peningkatan pemahaman terkait pembuatan eco enzyme. Kegiatan pelatihan pembuatan eco enzyme ini merupakan langkah yang positif dalam pemberdayaan masyarakat. Hasil lain yang lebih penting yaitu masyarakat semakin sadar tentang manfaat eco enzyme bagi kelestarian lingkungan hidup, dan juga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang cara pembuatan eco enzyme dari sampah rumah tangga berupa sisa kulit buah dan sayuran. Dengan demikian masyarakat pun bisa secara mandiri membuat eco enzyme ini di rumahnya.</span></p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/486 Pelatihan Konversi Skripsi menjadi Artikel Ilmiah 2025-05-14T16:52:05+07:00 Mike Nurmalia Sari mikenurmalia@gmail.com Pretty Elisa Ayu Ningsih prettyelisaayuningsih@gmail.com Tri Saswandi trisaswandi0411@gmail.com Muhammad Hidayat Z muhammadhidayatz@yahoo.co.id <p><span style="font-weight: 400;">Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa tingkat akhir dalam mengonversi skripsi menjadi artikel ilmiah yang siap terbit. Sasaran kegiatan adalah mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Permasalahan utama yang dihadapi mahasiswa adalah minimnya pengetahuan dan pengalaman dalam menulis artikel ilmiah, meskipun telah menyelesaikan skripsi. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan tatap muka, bimbingan teknis, dan praktik langsung penulisan artikel. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap struktur artikel ilmiah, teknik penyesuaian isi skripsi, serta penggunaan sitasi dan referensi. Sebagian besar peserta mampu menghasilkan draft artikel ilmiah yang layak untuk diajukan ke jurnal. Kegiatan ini mendorong tumbuhnya budaya publikasi ilmiah di kalangan mahasiswa dan perlu dilanjutkan secara berkala sebagai bagian dari strategi peningkatan mutu akademik.</span></p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/487 Fun Learning with Digital Apps untuk Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar di Era 5.0 2025-05-24T21:05:25+07:00 Santiana Santiana santiana@unsil.ac.id Dea Silvani dea.silvani@unsil.ac.id Sitti Syakira sitti.syakira@unsil.ac.id Ratu Sarah Pujasari ratusarah@unsil.ac.id Ruslan Ruslan ruslan@unsil.ac.id <p>Dalam pemberlakuakn Kurikulum Merdeka, pengajaran bahasa Inggris telah banyak dilakukan di Sekolah-sekolah Dasar. Salah satunya di Sekolah Dasar yang ada di Kota Tasikmalaya sebagai Mitra Pengabdian kepada Masyarakat. Pengajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar mempunyai tantangan tersendiri, terutama dalam hal membantu peserta didik mempelajari kosakata secara efektif di Era 5.0., yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi digital serta menawarkan peluang baru untuk mengatasi tantangan tersebut melalui pemanfaatan Digital Apps/Aplikasi Digital yang menyenangkan. Salah satu kendala yang dihadapi Mitra adalah memotivasi peserta didik, ketersediaan sumber daya pembelajaran, dan variasi metode pembelajaran. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Metode yang digunakan meliputi identifikasi, sosialisasi, dan seleksi aplikasi digital yang sesuai, pelatihan penggunaan aplikasi kepada peserta didik, implementasi pembelajaran dengan menggunakan Digital Apps/Aplikasi Digital dikolaborasikan dengan penggunaan Virtual Reality (VR), serta evaluasi dan pemantauan terhadap proses pembelajaran. Dengan menggunakan Digital Apps/Aplikasi Digital yang interaktif dan teknologi Virtual Reality (VR), pembelajaran peserta didik menjadi lebih menarik dan efektif. berhasil meningkatkan minat, motivasi, dan keterlibatan peserta didik. Melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, peserta didik dapat memperluas kosakata mereka secara efektif. Selain itu dengan melakukan pengintegrasian teknologi ke dalam kurikulum, disertai dengan evaluasi berkala dapat memastikan keberlanjutan serta dampak jangka panjang dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris peserta didik secara keseluruhan.</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/492 Pendampingan dan Pengembangan Strategi Pemasaran Digital UMKM Puspo Putri Semarang 2025-06-28T15:09:56+07:00 Salvara Aulia Thaher imanuel.sakti@uksw.edu Samuel Mario Fernando imanuel.sakti@uksw.edu Ayesha Eksi Larasati imanuel.sakti@uksw.edu Imanuel Madea Sakti imanuel.sakti@uksw.edu <p>UMKM Puspo Putri Semarang merupakan salah satu UMKM dengan potensi besar dalam mengembangkan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasarnya. Melalui program pengabdian masyarakat, dilakukan pendampingan yang berfokus pada pemanfaatan media digital, seperti Google Sites, Canva, Linktree, dan Instagram, untuk meningkatkan efektivitas pemasaran. Pendampingan ini meliputi pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan akun digital, yang bertujuan untuk mengatasi keterbatasan pengetahuan UMKM dalam menggunakan platform digital sebagai sarana promosi. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital yang lebih optimal dapat meningkatkan visibilitas produk, memperluas pangsa pasar, serta berpotensi meningkatkan penjualan secara signifikan. Program ini diharapkan mampu menjadi langkah strategis untuk membangun keunggulan bersaing UMKM Puspo Putri Semarang di era digital.</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/499 Model PBL untuk Meningkatkan Pemahaman dan Respons Siswa tentang Teks Cerita Inspiratif 2025-06-28T15:15:52+07:00 Febry Marindra Cysbya Erdlanda febry@unsur.ac.id Kamila Amelia Hafifah febry@unsur.ac.id <p>Rendahnya minat peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu rendahnya dorongan dan semangat serta perhatian dari orang tuanya terhadap minat belajar bahasa Indonesia, terutama dalam materi ajar membaca dan memahami teks cerita inspiratif. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pelatihan membaca dan memahami teks cerita inspiratif dan sekaligus memotret respons siswa terhadap hasil pelatihan tersebut. Pendekatan saintifik dipadukan dengan metode <em>Problem Based Learning</em> (PBL) digunakan dalam pelatihan ini. Hasil data tes terdapat tes awal (pretes) yang bernilai 55 dan pada test akhir (postes) terdapat peningkatan nilai 95. Sebelum diberi test awal masih belum memahami materi teks cerita inspiratif. Namun, ketika telah diberikan pelatihan berupa penyampaian materi teks cerita inspiratif, maka peserta didik mendapatkan peningkatan pada hasil belajarnya. Hasil pengisian kuesioner yang menunjukan bahwa dapat dinyatakan dari 28 peserta didik terdapat 17 peserta didik (61%) bersikap positif yang artinya mendukung atau setuju apabila pembelajaran Bahasa Indonesia mengenai cerita teks inspiratif menggunakan penerapan model <em>Problem Ba</em><em>sed Learning </em>serta mereka pun menyukai pembelajaran bahasa Indonesia.</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/500 Promosi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Fitur AI di TikTok Creative Center 2025-07-01T12:09:17+07:00 Hastuti Hastuti hastutituo@gmail.com Harry Fajar Maulana hastutituo@gmail.com Wa Nurfida hastutituo@gmail.com Wa Ode Murianasari Bena hastutituo@gmail.com Arya Dimas hastutituo@gmail.com <p>Tujuan utama adalah mengoptimalkan promosi pariwisata berdasarkan kebutuhan masyarakat lokal dengan memanfaatkan fitur kecerdasan buatan (AI) dari TikTok Creative Center di Desa Wasuemba. Masyarakat setempat menghadapi tantangan rendahnya pemahaman tentang cara mengelola konten promosi digital, akibat keterbatasan penggunaan teknologi AI. Proyek ini menggunakan pendekatan penelitian aksi partisipatif yang dikombinasikan dengan metode deskriptif-analitis melalui lima tahap: pemetaan potensi budaya, konsultasi, pelatihan teknis, mediasi antar pihak, dan bantuan dalam produksi konten. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan dalam penggunaan fitur AI TikTok seperti <em>Trend Discovery</em> dan <em>Creative Assistant</em> secara signifikan meningkatkan kemampuan komunitas dalam memproduksi konten yang menggabungkan narasi budaya dengan tren digital. Analisis kinerja konten menunjukkan peningkatan keterlibatan audiens, terutama pada video yang menampilkan simbol budaya lokal. Inisiatif ini juga mengarah pada pembentukan Wasuemba Content Studio, yang menyediakan ruang kolaboratif bagi warga untuk mengembangkan strategi promosi digital yang berkelanjutan. Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi kecerdasan buatan dengan nilai-nilai lokal dapat meningkatkan efektivitas promosi pariwisata dan memperkuat identitas digital desa. Pendekatan ini dapat direplikasi di desa-desa lain yang menghadapi tantangan serupa, berkontribusi pada pelestarian budaya melalui strategi transformasi digital yang adaptif dan partisipatif.</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/501 Sosialisasi Pentingnya Keterampilan Karyawan Pondok Wisata dalam Melayani Wisatawan Perempuan Solo 2025-07-01T12:12:06+07:00 Ni Desak Made Santi Diwyarthi santidiwyarthi@yahoo.com Nyoman Gede Mas Wiartha santidiwyarthi@yahoo.com Made Darmiati santidiwyarthi@yahoo.com Luh Putu Citrawati santidiwyarthi@yahoo.com I Made Sucipta Adnyana santidiwyarthi@yahoo.com <p>Pengembangan pondok wisata berbasis komunitas menuntut kemampuan sumber daya manusia yang adaptif terhadap perubahan karakter wisatawan, termasuk segmen wisatawan perempuan yang bepergian sendirian (<em>solo female travelers</em>). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan karyawan pondok wisata dalam memberikan pelayanan yang inklusif, empatik, dan aman bagi wisatawan perempuan solo di Desa Wisata Candi Kuning, Tabanan. Sosialisasi dilakukan berdasarkan temuan riset sebelumnya yang menunjukkan bahwa aspek emosional, keamanan, dan keterlibatan budaya menjadi prioritas utama segmen ini. Metode pelaksanaan mencakup observasi lapangan, pelatihan partisipatif, simulasi layanan berbasis kasus, dan evaluasi pasca pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep <em>hospitality</em> yang sensitif gender, serta peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal dan <em>cultural storytelling</em>. Sosialisasi ini menjadi kontribusi strategis dalam memperkuat daya saing pondok wisata berbasis komunitas di era pariwisata berkelanjutan.</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora https://publikasi-adpiindonesia.id/ejournal/index.php/jsoshum/article/view/503 Pemberdayaan Joki Cilik melalui Edukasi dan Perlindungan Anak melalui Implementasi Model Living Lab di Desa Penyaring Kabupaten Sumbawa 2025-07-03T15:41:52+07:00 Ivon Arisanti junaidin@uts.ac.id Junaidin Junaidin junaidin@uts.ac.id <p>Tradisi pacuan kuda yang berlangsung di Desa Penyaring, Kabupaten Sumbawa, sejak lama melibatkan anak-anak sebagai joki cilik. Meski dianggap sebagai bagian dari budaya lokal, peran mereka dalam tradisi ini mengandung risiko tinggi, baik secara fisik maupun psikologis. Rendahnya perlindungan hukum dan terbatasnya akses terhadap pendidikan membuat anak-anak ini berada dalam situasi yang sangat rentan terhadap bentuk eksploitasi yang dibalut dengan budaya dan tradisi. Untuk menjawab permasalahan ini, Program Sekolah Joki Cilik dikembangkan sebagai bentuk intervensi berbasis budaya, dengan menggunakan pendekatan model <em>Living Lab</em> yang bersifat kolaboratif dan partisipatif dengan melibatkan akademisi, orang tua dan perangkat desa.Program ini bertujuan menyediakan akses pendidikan informal bagi anak-anak, membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perlindungan anak, serta memberdayakan keluarga joki secara psikososial. Pelaksanaannya mencakup beberapa tahapan penting, seperti pemetaan kondisi sosial anak dan komunitas, penyusunan kurikulum melalui pendekatan <em>co-design</em>, pengadaan kelas kreatif, serta psikoedukasi terkait parenting untuk orang tua. Hasil implementasi menunjukkan keterlibatan aktif dari anak dan keluarga serta terbentuknya kemitraan lintas sektor antara masyarakat, pemerintah desa, dan akademisi. Proses evaluasi dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan guna menyesuaikan program dengan kebutuhan yang muncul di lapangan. Ketersediaan penyediaan pendidikan alternatif menjadikan program ini menjadi ruang aman untuk mendukung pertumbuhan anak dalam lingkungan yang menghargai hak dan budaya. Pendekatan <em>Living Lab</em> sendiri terbukti relevan sebagai metode pemberdayaan yang mampu menyelaraskan nilai-nilai lokal dengan prinsip perlindungan anak secara menyeluruh</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora