Fun Learning with Digital Apps untuk Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar di Era 5.0

Authors

  • Santiana Santiana Universitas Siliwangi
  • Dea Silvani Universitas Siliwangi
  • Sitti Syakira Universitas Siliwangi
  • Ratu Sarah Pujasari Universitas Siliwangi
  • Ruslan Ruslan Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.47841/jsoshum.v6i2.487

Keywords:

Digital Apps, Fun Learning, Vocabulary, Era 5.0

Abstract

Dalam pemberlakuakn Kurikulum Merdeka, pengajaran bahasa Inggris telah banyak dilakukan di Sekolah-sekolah Dasar. Salah satunya di Sekolah Dasar yang ada di Kota Tasikmalaya sebagai Mitra Pengabdian kepada Masyarakat. Pengajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar mempunyai tantangan tersendiri, terutama dalam hal membantu peserta didik mempelajari kosakata secara efektif di Era 5.0., yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi digital serta menawarkan peluang baru untuk mengatasi tantangan tersebut melalui pemanfaatan Digital Apps/Aplikasi Digital yang menyenangkan. Salah satu kendala yang dihadapi Mitra adalah memotivasi peserta didik, ketersediaan sumber daya pembelajaran, dan variasi metode pembelajaran. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Metode yang digunakan meliputi identifikasi, sosialisasi, dan seleksi aplikasi digital yang sesuai, pelatihan penggunaan aplikasi kepada peserta didik, implementasi pembelajaran dengan menggunakan Digital Apps/Aplikasi Digital dikolaborasikan dengan penggunaan Virtual Reality (VR), serta evaluasi dan pemantauan terhadap proses pembelajaran. Dengan menggunakan Digital Apps/Aplikasi Digital yang interaktif dan teknologi Virtual Reality (VR), pembelajaran peserta didik menjadi lebih menarik dan efektif. berhasil meningkatkan minat, motivasi, dan keterlibatan peserta didik. Melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, peserta didik dapat memperluas kosakata mereka secara efektif. Selain itu dengan melakukan pengintegrasian teknologi ke dalam kurikulum, disertai dengan evaluasi berkala dapat memastikan keberlanjutan serta dampak jangka panjang dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris peserta didik secara keseluruhan.

Downloads

Published

2025-06-30

Most read articles by the same author(s)