Pelatihan Branding dan Komersialisasi Produk bagi UMKM di Kelurahan Mulyaharja Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.47841/jsoshum.v5i4.430Keywords:
Branding, Digital Marketing, Preferensi Konsumen, Penguatan, UMKMAbstract
UMKM yang berlokasi di Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor bergerak di berbagai bidang usaha, dengan dominasi UMKM perajin sendal dan sepatu, namun penjualan produk UMKM ini masih terbatas dan belum maksimal. Disisi lain, potensi UMKM yang ada di wilayah ini dapat digunakan untuk memperkokoh kelembagaan melalui kegiatan produksi dan penjualan produk. Tim kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Manajemen Agribisnis - Sekolah Vokasi IPB University, mencoba memperkenalkan pentingnya branding dalam mengembangkan usahanya di Kelurahan Mulyahatja. Hanya saja produk yang dihasilkan oleh UMKM masih belum dipasarkan secara maksimal. Salah satu pondasi yang dapat memperkokoh usaha UMKM adalah dengan memberdayakan kelembagaan dan memberikan pengetahuan kepada pemiliki usaha UMKM melalui pelatihan. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk: (1) memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM mengelola bisnis; (2) memberikan pengenalan mengenai branding dan komersialisasi, serta pentingnya preferensi konsumen; serta (3) meningkatkan kemampuan UMKM dalam peningkatan kelembagaan, serta pemanfaatan teknolog informasi dan komunikasi. Objek dari kegiatan ini adalah para pelaku UMKM di Kelurahan Mulyaharja yang berjumlah 50 orang. Hasil kegiatan ini memperlihatkan bahwa peserta dapat memahami pentingnya memiliki integrasi bisnis antar UMKM. Memahami pentingnya branding sebagai identitas produk usaha, begitu juga dengan perubahan tren dan perilaku konsumennya. Pembentukan dan penguatan kelembagaan yang sudah ada, merupakan salah satu strategi pemasaran, dan mulai memikirkan cara promosi dengan menggunakan berbagai platform digital. Dengan demikian, UMKM di Kelurahan Mulyaharja diharapkan dapat memiliki merek yang akan selalu diingat dan dicari oleh konsumennya.