Pelatihan Penguatan Kelembagaan Melalui Perluasan Pasar untuk Peningkatan Pendapatan Anggota Koperasi Mekar Sari
DOI:
https://doi.org/10.47841/jsoshum.v5i3.408Keywords:
B-Flo Cookies, Branding, Penguatan Kelembagaan, Strategi Pemasaran, Tepung PisangAbstract
Koperasi Mekar Sari berlokasi di desa Cintamekar telah memproduksi tepung pisang sejak tahun 2013, namun penjualannya masih terbatas dan belum maksimal. Disisi lain, potensi pisang nangka di desa Cintamekar ini dapat digunakan untuk memperkokoh kelembagaan koperasi Mekar Sari melalui kegiatan produksi dan penjualan produk berbahan dasar tepung pisang. Tim kegiatan pengabdian masyarakat Dosen Pulang Kampung- Sekolah Vokasi IPB, telah memperkenalkan dan mengembangkan produk olahan berbahan dasar tepung pisang, seperti snack bar, banana flo cookies dan brownise pisang kepada anggota dan pengurus koperasi Mekar Sari. Hanya saja produk yang sudah dihasilkan masih belum berhasil dipasarkan secara maksimal. Salah satu pondasi yang dapat memperkokoh kelembagaan koperasi adalah dengan memberdayakan koperasi dan memberikan pengetahuan kepada pengurus koperasi melalui pelatihan. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk: (1) memberikan pelatihan tentang pentingnya penguatan kelembagaan koperasi; (2) memberikan pelatihan mengenai strategi pemasaran dan bauran pasar; serta (3) memberikan pelatihan tentang kemasan, labelling, dan branding untuk meningkatkan nilai jual produk. Objek dari kegiatan ini adalah pengurus dan anggota Koperasi Mekar Sari yang berjumlah 25 orang. Hasil kegiatan ini memperlihatkan bahwa peserta dapat memahami pentingnya penguatan kelembagaan koperasi. Khusus pada kegiatan ini, produk banana flo cookies (b-flo cookies) dijadikan sebagai produk contoh yang akan ditingkatkan nilai jualnya melalui pemilihan kemasan, labelling, branding, dan strategi pemasaran secara offline dan online. Dengan demikian, koperasi Mekar Sari diharapkan dapat berubah perannya menjadi koperasi yang aktif.