Digital Marketing untuk Ekspansi Bisnis dalam Rangka Mendukung Kesejahteraan Kelompok Tani Tahayu di Sukabumi

Authors

  • Witri Elvianti President University

DOI:

https://doi.org/10.47841/jsoshum.v5i3.406

Keywords:

Pemasaran Digital, Kelompok Tani, Pengurangan Kemiskinan, Kesejahteraan, Pasar

Abstract

Meningkatnya populasi penduduk berakibat pada tingginya permintaan atas produk pangan yang berkualitas. Meskipun Indonesia telah lama dikenal sebagai negara agraris, produksi pertanian tidak selalu berbanding lurus dengan pemgurangan kemiskinan. Peningkatan kesejahteraan pelaku ekonomi ataupun petani lokal bergantung pada sejauh mana mereka mampu memasarkan hasil pertanian lebih luas. Pandemi Covid-10 telah banyak mengubah perilaku pasar di Indonesia, salah satunya perilaku konsumen yang semakin bergantung pada transaksi jual beli online. Di Sukabumi, terdapat banyak UMKM terdampak akibat Covid-19. Tulisan ini merupakan hasil analisis dari kegiatan penelitian tindakan emansipatoris untuk mengenalkan para petani dengan digital marketing. Kegiatan ini dilakukan di Desa Bojongsari, Sukabumi.

Downloads

Published

2024-09-30