Strategi Pengembangan UMKM di Kabupaten Batang Berbasis Potensi Lokal dan Kreatifitas
DOI:
https://doi.org/10.47841/jsoshum.v4i4.405Keywords:
Sosialisasi, Pelatihan, UMKM, Lokal, BatangAbstract
Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini bertujuan untuk untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM mengenai strategi mengembangkan UMKM berbasis potensi lokal dan kreatifitas. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Selokarto, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang dengan target utama pelaku UMKM di Desa Selokarto. Program sosialisasi dan pelatihan dirancang untuk memberikan pengetahuan baik secara sosialisasi materi maupun secara praktek. Metode pengabdian menggunakan pendekatan partisipatif, melibatkan pelaku UMKM secara aktif dalam seluruh proses sosialisasi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan ini menunjukkan partisipatif aktif dari pelaku UMKM pada sesi diskusi tanya-jawab. Selain itu, pada saat kegiatan praktek, peserta aktif mengerjakan tugas yang diberikan sekaligus aktif bertanya apabila ada yang masih belum dipahami. Secara keseluruhan, pengabdian masyarakat ini membuktikan bahwa sosialisasi dan pelatihan pengembangan UMKM berbasis local dan kreatifitas meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM dalam mengelola usahanya. Program ini dapat dijadikan percontohan serupa di wilayah lain, dalam mendukung pemberdayaan dan pembangunan ekonomi desa.