Pentingnya Penguasaan Bahasa Bagi Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.47841/jsoshum.v5i3.404Keywords:
Gen Z, Layanan Masyarakat, Talkshow Pendidikan, Tantangan Pembelajaran BahasaAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak dari talkshow pengabdian masyarakat bertajuk “Pentingnya Kemahiran Berbahasa bagi Gen Z” yang diselenggarakan oleh tim pengabdian masyarakat dari STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Talkshow ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan motivasi di antara peserta Gen Z mengenai pentingnya menguasai keterampilan bahasa dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk karier, pendidikan, dan interaksi sosial. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kesadaran dan motivasi peserta untuk meningkatkan kemampuan bahasa mereka setelah mengikuti talkshow. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh para peserta, seperti terbatasnya akses ke sumber daya pembelajaran yang berkualitas, keterbatasan waktu, dan kurangnya dukungan dari lingkungan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan seperti talkshow dapat secara efektif meningkatkan kesadaran dan motivasi berbahasa di kalangan Gen Z. Upaya berkelanjutan dan program yang mendukung direkomendasikan untuk membantu mengatasi tantangan yang teridentifikasi dan lebih meningkatkan kemahiran berbahasa pada generasi ini.