Menggunakan Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru

Authors

  • Afdaleni Afdaleni STBA Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Albert Albert STBA Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Nofrika Sari STBA Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Yuhendra Yuhendra STBA Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Haris Syukri STBA Haji Agus Salim Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.47841/jsoshum.v5i2.390

Keywords:

Jurnal Refleksi, Pengajaran Reflektif, Pengembangan Profesi Guru

Abstract

Dalam melaksanakan tugasnya, guru harus terus menyerap pengalaman dan pengetahuan agar dapat termotivasi untuk menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar. Seorang guru juga harus mampu menerapkan berbagai strategi yang berkelanjutan untuk meningkatkan standar kualitas pengajarannya. Refleksi adalah salah satu strategi ampuh yang dapat digunakan untuk membuat praktik guru menjadi lebih baik. Refleksi, secara khusus, berarti bahwa guru harus berpikir kembali secara kritis setelah mengajar. Penelitian ini melibatkan guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Serambi Mekkah Kota Padangpanjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pengajaran reflektif yang digunakan oleh guru dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan menyelidiki kontribusi perangkat tersebut terhadap umpan balik guru.Peneliti menggunakan kuesioner yang berkaitan dengan strategi guru dalam merefleksikan pengajaran, diikuti dengan wawancara mendalam untuk mengkonfirmasi dan mengeksplorasi lebih lanjut jawaban guru. Analisis dokumen juga digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kontribusi perangkat yang digunakan dalam pengajaran reflektif guru. Oleh karena itu, studi kasus deskriptif dianggap sebagai desain yang tepat untuk melakukan penelitian ini. Peneliti menemukan bahwa jurnal refleksi atau jurnal guru merupakan alat yang digunakan guru untuk merefleksikan pengajaran mereka. Selain itu, jurnal ini memberikan kontribusi yang berharga bagi pengajaran reflektif guru.

Downloads

Published

2024-06-30